Tugas Mandiri (Notulensi 1) - Teori Organisasi Umum 2
Pasar dan Bentuk-Bentuk Umumnya
Pasar adalah
salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial
dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja
untuk orang-orang imbalan uang. Tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang
dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat
tertentu.
Mungkin
sebagian besar masyarakat indonesia lebih mengetahui pasar tradisional dan
modern, padahal masih banyak bentuk pasar menurut luas jangkauan, wujud, barang
yang di perjualbelikan, waktu penyelenggaraan, dan menurut organisasinya. Yang pertama
bentuk pasar menurut luas jangkauannya yaitu pasar daerah, lokal, nasional dan
internasional. Bentuk pasar menurut wujud yaitu abstrak dan konkret. Bentuk pasar
menurut barang yang di perjualbelikan yaitu produksi dan konsumsi. Bentuk pasar
menurut waktu penyelenggaraan yaitu harian, mingguan, bulanan, tahunan dan
temporer. Dan yang terakhir bentuk pasar menurut organisasinya yaitu persaingan
sempurna dan tidak sempurna, tetapi dari tidak sempurna masih dapat di bedakan
menjadi 3 yaitu pertama pasar monopoli dan monopsoni, kedua pasar persaingan
monopolistis dan yang ketiga pasar oligoponi dan oligopsoni.
Tugas : Softskill – Notulensi Jenis- Jenis Karakteristik Pasar
Tugas : Softskill – Notulensi Jenis- Jenis Karakteristik Pasar
Nama : Deni Prayudi
Npm : 11110787
Kelas : 2KA06
Tidak ada komentar:
Posting Komentar