Kamis, 01 November 2012

Asal Mula Munculnya Pizza

Apakah kalian penggemar pizza ? Roti pipih yang atasnya di beri bermacam macam topping. Pastilah siapa sih yang tidak mengenal makanan lezat ini. Pizza itu baru dikenal di Indonesia sekitar 30 tahun yang lalu.Sebenarnya ketikja Iskandar Agung dari Masedonia menduduki Mesir 2300 tahun yang lalu,pada saat itu tentaranya melihat orang mesir sudah memakan roti yang pipih bulat. Tapi waktu itu belom seenak sekarang rasanya masih tawar dan belum ada toppingnya.

Orang Yunani lalu memperkenalkan roti pipih itu ke Napoli,Italia. Orang Yunani menyebutnya picea,artinya roti atau pie. Tetapi kebanyakan orang Napoli tidak bisa menyebut picea dengan benar,akhirnya mereka menyebutnya piza.Pizza itu terbuat dari tepung gandum.
Adonanya dipipihkan seperti piring,sebelum diletakan pada batu panas di dalam tungku yang panas sekali

Selama beratus-ratus tahun,roti ini menjadi makanan orang miskin di Napoli. Supaya saat dimakan tudak seret di kerongkongan,mereka nmengakalinya dengan mengoleskan piza itu dengan minyak zaitun.Abad ke 16 mereka mengenal tomat yang berasal dari Amerika. Akhirnya mereka mulai menambahkan sayuran di atas pizza itu. Kemudian mereka juga mulai menambahkan keju dari susu kerbau,yaitu mozarella.

Kemudian pizza menyebar ke seluruh Italia dan Perancis selatan.Tetapi orang Roma dan Perancis menyukai topping bawang bombay dan buah zaitun .Orang Perancis bahkan menambahkan ikan kecil-kecil. Pizza Perancis biasanya berbentuk persegi. Dan mulailah pizza menyebar ke seluruh dunia.

sumber :  http://kesehatan.kompasiana.com/makanan/2011/01/16/asal-mula-munculnya-pizza/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar