Rabu, 12 Maret 2014

Cara Dasar Membuat Latte Art

Menikmati sajian coffee latte kini tidak hanya rasanya yang nikmat, namun ada khas lainnya yakni latte art yang mampu membuat decak kagum OpenRicers. Latte art adalah sebuah seni menggambarkan suatu pola di atas kopi yang terdapat foam. Disini keahlian barista dalam mengelak-elokkan tekstur foam di atas kopi yang bercampur dengan bubuk cokelat sehingga terciptalah lukisan yang menarik.

Membuat latte art sebenarnya tidaklah terlalu sulit namun juga tidak mudah, karena disini OpenRicers akan menulis di atas media air. Ada syarat penting pertama yakni mengenai latte atau susu yang digunakan haruslah panas sehingga saat tertuang kedalam cangkir akan memunculkan foam atau busanya, disinilah OpenRicers bisa mencoba membuat tekstur warna yang menarik. Hal lainnya yang diperhatikan adalah teko atau tempat latte yang berbahan stainless steel dan memiliki ujung yang lancip sehingga latte saat dituangkan tidak berantakan. Lalu ada kalanya latte art menggunakan untuk stik kecilnya bisa menggunakan tusuk gigi atau stik khusus berbahan metal, semua sama saja untuk pemula.

Untuk teknik pertama bernama Free Pour Latte Art. Teknik ini hanya memanipulasi jatuhnya latte ke dalam kopi. Jadi awalnya latte akan dituang ke sisi cangkir yang lama kelamaan menuju ujung cangkir lainnya, bentuknya yang mengkerucut langsung ditarik kembali ke titik awal. Cara ini paling sederhana karena tidak membutuhkan stik untuk melukis. Hasilnya biasanya bisa berbentuk Rosetta atau bentuk hati. Sajian bentuk ini yang lazin digunakan oleh cafe-cafe agar sajian kopinya tetap cantik dan menarik.

Kedua adalah teknik Etching, teknik ini menuntut OpenRicers untuk menggambarkan seninya di atas foam dengan campuran sirup atau bubuk cokelat. Disini juga diperlukan stik agar bisa membuat pola yang pas dan menarik. Awalnya latte dituang kedalam kopi, lalu setelah penuh taburin sirup atau bubuk cokelat dengan berpola. Untuk menyempurnakannya gunakan stik untuk membuat pola, bisa lurus atau melingkar. Namun gunakan dalam satu arah, kalau OpenRicers menggerakkan dalam dua arah dapat merusak tekstur lattenya.

Kedua teknik ini merupakan dasar dalam membuat Latte Art. Jadi buat OpenRicers yang ingin bereksperimen untuk menggambar di atas latte, bisa mencoba kedua teknik di atas. Setidaknya kalau sudah melewati dua teknik di atas, OpenRicers bisa melaju ke tahap berikutnya.


sumber : http://id.openrice.com/jakarta/restaurant/article/detail.htm?articleid=1232

Tidak ada komentar:

Posting Komentar