Rabu, 04 Juni 2014

Memilih Monitor LED dan LCD Terbaik Untuk PC Game


Monitor LED atau LCD bukanlah sebuah perangkat komputer yang paling banyak diperhitungkan sehingga banyak orang yang lebih memilih monitor murah tanpa memperhatikan spesifikasinya terlebih dahulu. Jika Anda hanya menggunakan komputer untuk keperluan sehari-hari saja hal tersebut tentu tidak menjadi masalah. Namun jika Anda menggunakannya untuk bermain game, maka Anda harus memperhitungkan terlebih dahulu kualitas monitor yang akan dibeli.
Hal tersebut sangatlah beralasan mengingat tampilan visual merupakan salah satu aspek terpenting dalam bermain game. kualitas monitor yang Anda gunakan tidak hanya akan mempengaruhi keindahan tampilannya, tapi juga mempengaruhi performa Anda dalam bermain game tersebut. Oleh karena itu, berikutCarisinyal akan memberikan kepada Anda beberapa tips penting ketika akan memilih sebuah monitor untuk bermain game di PC.
monitor led

RESOLUSI

Monitor yang disukai oleh para gamer biasanya berukuran 24 hingga 30 inch. Monitor dengan ukuran tersebut bisasanya memiliki resolusi sebesar 1920 x 1080 piksel atau biasa disingkat 1080p. Terdapat juga beberapa monitor yang sudah mengusung resolusi 2560 x 1440 piksel (1440p). Dengan semakin besar resolusinya, tentu saja tampilannya juga lebih baik dan lebih tajam. Sayangnya, semakin tinggi resolusi tersebut juga membuat video card Anda akan bekerja lebih keras lagi.
Oleh karena itu Anda juga harus mempertimbangkan spesifikasi komputer yang Anda miliki ketika memilih sebuah monitor. Jika Anda memiliki video card kelas menengah ke bawah, maka jangan sekali-kali memilih monitor dengan resolusi 1440p. Namun jika Anda memiliki video card kelas atas terbaru, maka berapapun resolusi monitornya tidak akan menjadi masalah.
Resolusi monitor di atas merupakan resolusi dengan rasio 16:9. Terdapat juga resolusi lain dengan aspek rasio 16:10 seperti 1920×1200 dan 2560×1600 piksel. Jangan pernah bingung dengan dua aspek rasio tersebut karena keduanya hanya memiliki perbedaan yang sedikit sehingga Anda bebas memilih mana yang Anda sukai.

KUALITAS TAMPILAN

Banyak game di jaman sekarang ini yang menyajikan efek visual yang sangat “wah” sehingga diperlukan sebuah monitor berkualitas baik untuk dapat menampilkan efek tersebut. Oleh karena itu ketika Anda membeli sebuah monitor, pastikan monitor tersebut memiliki contrast, black level, serta color accuracy yang baik sehingga akan menghasilkan kualitas visual yang sempurna. Namun Anda tidak perlu memperhatikan color gamut serta brightness dari monitor tersebut karena kedua aspek tersebut kurang berpengaruh terhadap kualitas tampilannya.

REFRESH RATE

Beberapa game biasanya menghadirkan berbagai macam gerakan yang cepat sehingga terkadang Anda akan melihat efek blur jika Anda menggunakan monitor yang kurang bagus. Oleh karena itu, hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika membeli monitor LED ataupun LCD untuk bermain game adalah refresh rate-nya.
Kebanyakan monitor saat ini memiliki refresh rate sebesar 60 Hz alias 60 refresh per detik, namun ada juga yang sudah memiliki refresh rate sebesar 120 Hz hingga 240 Hz. Jika Anda memiliki monitor dengan refresh rate 60 Hz namun PC Anda mampu menyuguhkan lebih dari itu, maka Anda akan mendapatkan tampilan yang kurang baik. Bahkan hal tersebut juga tidak akan terbantu walaupun Anda mengaktifkan V-sync, yaitu sebuah fitur yang membatasi sebuah game untuk memproduksi tidak lebih dari 60 frame per detik.
Jika hal tersebut terjadi kepada Anda, maka sangat disarankan untuk membeli monitor dengan frame rate sebesar 120 Hz. Selain menghadirkan tampilan yang halus, game yang Anda mainkan juga tidak akan mengalami lag. Monitor seperti ini biasanya sangat cocok untuk bermain game bergenre action yang membutuhkan banyak gerakan.
Kesimpulan
Memilih sebuah monitor LED dan LCD untuk bermain game merupakan hal yang memerlukan banyak pertimbangan. Selain kualitasnya, Anda juga tentunya harus mempertimbangkan dana yang dimiliki. Oleh karena itu pilihlah salah satu aspek paling penting untuk game favorit Anda. sebagai contoh jika Anda memainkan game action seperti Diablo 3, maka pilihlah monitor dengan refresh rate 120 Hz. Namun untuk genre game lainnya, pilihlah monitor dengan kualitas tampilan yang lebih baik. Namun ingat, jangan pernah memilih monitor LCD atau LED touch screen karena selain mahal, monitor tersebut kurang cocok untuk bermain game kelas atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar